Tuesday, December 26, 2006

lupa ingatan


hmmhh... dua kata bertentangan yang bisa dipadukan jadi satu kalimat hanya dengan akhiran 'an', lupa dan ingat. Kita suka kejebak dalam dikotomi 'lupa' dianggap negatif dan 'ingat' dianggap positif. Biasanya kita gak senang kalo lupa, maka musti berusaha mengingat sebanyak-banyaknya. Cuman... kalo mau jujur, betapa repotnya hidup ini kalo gak ada yg bisa kita lupakan ! segala hal/kejadian yang menyedihkan, mengerikan, bikin marah, dsb. Buat sesuatu yang menyenangkanpun, kita perlu lupa. Bayangin, kalo peristiwa-peristiwa yang lucu keingat terus... kita akan ketawa selamanya, atau sebaliknya terhadap kejadian traumatik.

Untuk bisa konsentrasi, memfokuskan (mengingatkan) diri pada satu hal, berarti juga harus melupakan (hal-hal lain). Misalnya ketika sholat, bisa dilakukan dengan khusyu' ketika kita bisa melupakan urusan-urusan lain (seperti here & now concept). Artinya, ada saatnya kita musti lupa. Nah... kalo dah nyampe sini, lupa bisa jadi bukan perkara negatif, melainkan sebaliknya. Bahkan lupa adalah tujuan juga ! (bingung khan ?? ini filsafat !).

Ketika sesorang belajar menari misalnya... dia harus latihan mengingat, biar gak lupa sama gerakannya, susunannya, urutannya, dsb. Cuman, sebenarnya orang tsb. juga sedang melatih tubuh biar lupa. Jadi ketika menari, gak harus lagi mengingat semuanya. Bayangin ! kalo seorang penari musti mengingat gimana seluruh anggota tubuhnya bergerak, malah jadi kaku dan gak sedap dipandang, Si penari-pun gak bisa menikmatinya, karena gerakan belon sampe pada rasa, terlalu sibuk pada ingatan.

Demikian juga untuk hal-hal lain... belajar naik sepeda, nyetir mobil, bekerja, beribadah... dibutuhkan totalitas dalam konsentrasi. Saat seorang sahabat dan menantu Rosulullah SAW, Ali bin Abi Thalib RA. terkena panah sewaktu perang, para sahabat lain ingin mencabut anak panah tsb. Tapi Ali RA bilang... "tunggu ! nyabut anak panahnya ntar aja, kalo aku lagi sholat." Artinya apa ? Betapa generasi pertama Rosulullah SAW dulu begitu khusyu' dalam beribadah. Sholat bukan cuman aktifitas otak... apalagi aktifitas fisik semata ! tapi sudah menjadi aktifitas hati. Sehingga yang di-ingat hanya satu... Allah SAW, dan me-lupa-kan yang lain, termasuk anak panah yang menancap di tubuhnya.

Beruntunglah kita, yang dikaruniai sifat lupa dan inga', tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya. Kapan kita musti lupa dan kapan seharusnya ingat, kasihan si-lupa kalo disalah-salahin melulu. Karena pada hakikatnya tidak selamanya lupa itu beraroma negatif, dan ingat itu musti positif. Di moment penghujung tahun 2006 ini, lupa dan ingat menjadi hal yang mutlak diperlukan, sebagai alat buat bercermin diri, buat introspeksi diri atas segala hal yang sudah di lakukan, biar kita nggak lebih bodoh dari keledai ! (katanya keledai binatang paling bodoh ?) Orang bijak bilang : "sebodoh-bodoh keledai, tak akan ter-antuk batu yang sama untuk kedua kalinya". Kalo 2006 masih sama kaya' 2005... berarti kita masuk kategori 'orang yg merugi'. Apalagi kalo taon ini lebih jelek dari taon kemaren... wah celaka !. Kalo mau jadi orang yang 'beruntung', maka '06 harus lebih baik dari '05, dan '07 kita songsong dengan niatan harus lebih baik dari '06. Amien !

Labels:

4 Comments:

Blogger NiLA Obsidian said...

jamannya novel eddy d iskandar dulu : roman picisan (yg ada film nya juga bintang nya rano karno)
- hahaha jadul bgt yak?
ada kalimat....

sedikit belajar
sedikit lupa
banyak belajar
banyak lupa
tidak belajar
tidak ada yg lupa

intinya.....
otak juga kan ada kapasitas maximumnya.....
kita harus belajar...melupakan hal2 yg tidak perlu kita ingat
dan mengingat hal2 yg tidak boleh dilupakan

kalo nyetir juga kan kadang2 harus liat spion supaya selamet....
jadi.....untuk melangkah maju kedepan, kita harus pinter2 kapan kita perlu
mengingat hal2 yg tidak boleh di lupakan.....

(panjang bennnner sih loe Nil.....? jadiiiii..maksuT loeeee...appaa????)
huahhahahahahahahah...
gubrak...!!

hehe..eniwei....met taon baruuuuuuuuuu

11:37 AM  
Blogger Budi Yuwono said...

thx Nila.. kamu dah menyandang gelar 'the 1st miss comment'... koment2mu bahkan lebih berisi dari postinganku...
sering2 aja bertandang... dan jangan lupa lapor !... Gubrak !!!!

1:48 PM  
Anonymous arham_kendari said...

waduh..
gw lupa deh, mo comment apa tadi..





twing..!!
*ngilang

4:39 AM  
Blogger Iman Brotoseno said...

perjalanan hidup kita adalah bekal yang paling berharga agar tidak ' nyungsep ' lagi...mudah mudahan lebih baik 2007.

4:16 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home