Friday, August 22, 2008

art after artday


Dalam perjalanan menempuh jenjang studi S2, mahasiswa Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia angkatan 2006 merasa bahwa tumbuh kembang dan alur berkesenian masing-masing individu yang tergabung di dalam angkatan tersebut perlu mendapatkan ‘orgasme’ estetis dan pencapaian total ending yang menggugah selera berkesenian dunia luar ISI. Karya-karya puncak yang dihasilkan harus mampu memberi sumbangsih yang nyata dalam ranah berkesenian secara global.

Secara akademik pencapaian karya puncak tersebut terwadahi dalam Ujian Tugas Akhir, namun itu hanya terbatas pada penilaian dalam ranah akademik yang ditentukan dalam nilai dan abjad. Ekses yang diharapkan muncul di masyarakat masih tipis dan terbatas. Penilaian sebetulnya bukan hanya diukur dari sekedar nilai A, B atau C, tapi lebih kepada tanggapan masyarakat dalam melihat, mencermati, menikmati dan mengapresiasi karya-karya tersebut dalam ruang yang lebih luas bahkan dalam tinjauan yang lebih membuka berbagai prespektif yang mengundang wacana baru di masyarakat pecinta seni. Sehingga, nilai berkesenian para mahasiswa PPSJ ISI angkatan 2006 ini setidak-tidaknya mampu memberi arti dan sedikit goncangan dalam ranah budaya seni yang maha luas ini.
Untuk itulah kami menyelenggarakan sebuah event yang kami beri tajuk Art After Artday, kami berkeyakinan bahwa event ini akan mampu merangkum totalitas ‘orgasme’ estetis mahasiswa tersebut di samping mampu membuka kesadaran masyarakat dan para pelaku serta pecinta seni untuk lebih mengenal karya nyata, kehebatan, totalitas berkesenian, keberadaan dan sumbangsih para seniman dan peneliti seni melalui mahasiswa PPSJ ISI Yogyakarta angkatan 2006. Disamping itu, event Art After Artday menjadi semacam titik tolak yang memotivasi setiap individu yang berada dalam lingkup mahasiswa angkatan 2006 PPSJ ISI Yogyakarta untuk tetap mempertahankan kegairahan berkeseniannya secara terus menerus dan berkelanjutan sebagai sebuah dogma dan nafas hidup yang tiada henti. Sehingga ranah dunia seni nusantara semakin berwarna, variatif dan lebih inovatif dengan karya-karya yang dihasilkannya.

Labels:

1 Comments:

Anonymous dhie said...

Kerennn.... acungin 4 jempol sekaligus. ;)

9:32 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home