Saturday, September 15, 2007

unlimited reward


sapa yang bisa njamin kita bakal ketemu lagi dengan Ramadhan taun ini ?? betapa banyak sodara-sodara kita yang taun kemaren masih sholat tarawih di sebelah kita, sekarang udah nduluin dipanggil menghadap-Nya, dan bisa jadi kita nomer urut berikutnya. Namun demikian, alhamdulillah, yang jelas kita dah ketemu lagi sama Ramadhan 1428 H ini. Di beberapa kultum, ceramah, sering disebut sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan. Bahkan dalam sebuah Hadits Qudsi (firman Allah yang gak tertulis di Al-Qur’an) Allah SWT udah janji, bahwa ibadah puasa itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang bakal ngasih ganjaran/pahala.

Kenapa seh Allah segitu perhatiannya sama ibadah yang bernama puasa ini ?? Ternyata emang ibadah puasa tuh bukan main2 (emang ada ibadah main2… ??). Betapa enggak ? hala-hal yang dihalalkan pada sebelas bulan lainnya, bisa jadi haram pada bulan puasa. Misalnya, makan & minum di siang hari, ‘kumpul’ bareng suami/istri di siang hari… meskipun makanan yang kita makan halal, meskipun suami/istri kita halal, tapi kalo dilakuin di siang hari di bulan Ramadhan bisa jadi haram ! Nah loh… jangan coba2 ! Kalo nekad bergaul intim di siang hari, meskipun dengan pasangan resmi, ‘pahala’nya bisa disuruh puasa 2 bulan lamanaya… apalagi bukan dengan pasangan yang sah ! Di luar Ramadhan-pun gak boleh !

Ini juga bisa jadi penguat, bahwa halal/haramnya sebuah hal, bukan karena faktor wujud/fisiknya doang. Tapi semata karena katundukan kita pada aturan yang udah dibuat-Nya. Misalnya, Al-Qur’an bilang bahwa daging Babi itu haram, gak usah dicari-cari sebabnya.. misalnya karena daging Babi mengandung cacing pita. Berarti kalo cacingnya udah dibuang jadi halal dunk !!! ternyata gak juga. Orang makanan yang halal aja kalo dikonsumsi di siang hari waktu lagi puasa bisa jadi haram koq… weee… ! Di sinilah salah satu letak keistimewaan ibadah puasa. Karena kita bakal dinilai seberapa besar ketundukan kita pada aturan yang udah dibuat-Nya.

Keistimewaan puasa yang lain ? Ada yang bilang kalo puasa itu ibadah siriy (tersembunyi). Karena yang tau cuan kia yang ngelakuin sama Dia yang di sono Yang Maha Tahu. Bayangin, kalo kita wudhu di siang hari, kumur2 tiga kali yang keluar airnya cuman dua yang sekali airnya ‘keminum’… sapa yang tau ??? Dari lima Rukun Islam, hampir semua bisa dilihat, kecuali puasa. Syahadat, namanya aja persaksian… biasanya diucapkan didepan saksi. Sholat, keliatan ruku’ sujudnya. Zakat, ibadah sosial. Dimana melibatkan orang lain juga baik ‘amil maupun yang dikasih zakat. Haji, apalagi… kalo dikampung2 pas mau berangkat, orang sekampung pada ngater semua. Tapi …. puasa ?? Apa kalo bawaannya ngatuk mulu pasti orang lagi puasa ??? belon tentu !! Orang abis dugem semaleman juga paginya ngantuk-ngantuk mulu.

Di sini rupanya ‘sebagian kecil’ kemuliaan dan keistimewaan ibadah puasa. Makanya gak heran kalo Allah SWT sendiri berani njamin bahwa Dia yang bakalan ngasih ganjaran langsung bagi kita yang berpuasa dengan niat cuman mau mencari Ridho-Nya. Bukan niat yang lain !! Dan kalo udah Dia yang mau ngasih pahala…. Maka ganjaran itu pastilah tak terbatas adanya. Teriring do’a semoga Ramadhan kita kali ini lebih berkualitas dibanding taun2 seeblumnya. Cara paling mudah buat ngliat apakah puasa kita ‘sukses’ atau kagak, bisa dilihat pada sebelas bulan sesudahnya. Bukan saat sekarang, ketika masjid2 jama’ahnya penuh, mbludak sampe ke parkiran. Masih sempatkah kita beramal, beribadah, sesemangat waktu Ramadhan ? Karena bulan Ramadhan cuman bulan ‘training’… sedangkan aplikasi yang sesungguhnya adalah bulan-bulan yang lain. Jika mulai menginjak Syawal kelak kita masih istqomah dalam beribadah dan beramal, sesemangat awal2 Ramadhan…. Bisa jadi kita masuk golongan orang2 yang bertaqwa. Kaya’ yang disiratkan dalam QS. Al Baqarah 183. Semoga…. Amien ya Robbal ‘Alamin.

Labels:

4 Comments:

Blogger Azhar said...

saya mah baru bisa puasa perut aja, belom bisa nih puasa keseluruhan..............hehehe

masih belajar nih mengendalikan yg lain, mulai dari mata, hidung, telinga, hati dan laennya......ternyata memang ga semudah membalikkan tangan ya?

12:56 PM  
Blogger EnDah Rezeki said...

MeT puasa ya om.... trkadang orang awam *termasuk saya memaknai ramadhan hanya sebagai suatu rutinitas kegiatan semata dalam 1 tahun..
Mohon maap lair batinnn *hikz, telat yah?

10:21 AM  
Blogger Si Jagoan Makan said...

Ngomongin soal halal ama haram. Jadi ingat tebakan "Babi apa yang halal ?"
Jawabannya Babi yang sudah disunat. Huhuehueeueuee......

10:16 AM  
Anonymous Carlotta said...

You write very well.

8:12 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home