Monday, November 26, 2007

efektifkah ??

"Sekitar 100 juta orang telah meninggal di abad ke-20. Kalau tren ini terus berjalan maka pada abad ke-21 diperkirakan satu miliar orang yang meninggal akibat rokok." Sumbernya dari sini. Nah.. help me please.... ini adalah beberapa media yang aku bikin, untuk tugas kuliah Disain Komunikasi Visual. Cuman ... ketika Dosen nanya, efektifkah pendekatan isu 'kematian' diangkat buat nakut2in perokok biar kapok ??? Aku belon bisa njawab ! Makanya... tolong dong, kasih komentar... kira2 efektif gak media yang aku bikin ini, dengan bodycopy "MATIKAN ROKOKMU SEBELUM ROKOK MEMATIKANMU" ditulis dengan gaya penulisan 'public warning' kaya' di poster atau bungkus rokok.


Gbr. 1. Tiang listrik di depan kuburan, dibungkus sticker jadi mirip puntung rokok.

Gbr. 2. Tiang listrik tadi diliat dari dekat.

Gbr. 3. Poster indoor, sejumlah puntung yang mirip kuburan.

Gbr. 4. Poster indoor, gambar perokok dengan asap membentuk 'hallo' di atas kepala.

Gbr. 5. Asbak berbentuk 'batu nisan'.

Aku belon tau buat ngukur efektifitas media ini... jadi, siapapun yang ngunjungin blog ini... tolong kasih komentar dunk ! (koq maksa... !!!!)

Thx b-4

Labels:

11 Comments:

Blogger Iman Brotoseno said...

kayaknya nggak efektif ya..buktinya saya baca postingan ini sambil ngerokok..hehe

2:30 PM  
Anonymous agung Krisw said...

aku bencii rokok, bikin batuk tau

4:01 PM  
Blogger kamutemanku said...

uhukk..uhukkk...uhukkkk !

Bapaktuw - bapaktuww...gimana dengan nasibkuw yg perokok pasif inih... ???? uhuwww...huhhuuuuwww...huuwww..... ;'(

uhokk...uhokk....

dimana2 yg 'dadah bubuy' dulu tuh kebayakan perokok pasif jhee....
padahal aq gak maw mati duluuuwwww.... AAaarrggghh....... (slow motion)
halah!

XD XD XD

eN-Be :
kpn chat? badey otak, pho py ?

9:27 PM  
Anonymous www.ekatronik.com said...

Aku sepakat tuh...
gimana para perokok pasif, seharusnya ada juga kampanye untuk perokok pasif macam kami.

Banyak perokok pasif yang nggak tau kalau ia juga termasuk orang rentan terhadap penyakit.

pernah kawanku, paru2nya bocor, ia di vonis dokter perokok aktif, padahal ia perokok pasif.

dari segi efektifitas, kayaknya kurang deh...
saranku, sebaiknya kampanye lewat peer education (pendidik sebaya) lebih banyak.

thanks

10:09 PM  
Blogger sunardi said...

Jadi inget sebuah tag iklan yang diikutkan lomba desain iklan Komunikasi Expo. Waktu itu jadi juri...

Salah seorang mahasiswa (peraih juara 1) membuat desain dengan ilustrasi tumpukan batang rokok dengan berbagai jenis, dan di atasnya ada sebuah mayat (pocong). Tulisan tagnya "APAPUN MERKNYA, TETAP MATI RESIKONYA".

1:12 PM  
Anonymous Iko said...

Ayooo.... berhenti merokok.... gak baik buat kesehatan anda :P

12:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

sing ning ngarep kuburan sing nggawe Pak Budi?
apik:)

4:27 PM  
Blogger Si Jagoan Makan said...

perokok di kepala ada haloo-nya kok kesannya yang rokok-an itu kaya malaikat...mestinya membentuk tanduk dua gitu...mas.

Eh..yang kuburan ..syeremm.

1:17 PM  
Blogger Rey said...

mas, sebenernya aku pegnen komen postingan terbaru, tp kok ndak dibuka utk komen seehh... padahal disitu katanya suruh komen, gimana sehh?? ayo buka...! (maksa...)

11:29 AM  
Blogger Riihu ar-Raihaan said...

Pak, piye kabare? makin gokil or makin "crazy" kah? hehehehe

whehehehehe...kui desain sing asbak kuburan apik tenan je...nek ono barange tak tuku pak! tak kei bapakku... huehuehuehuehueheue....

3:15 AM  
Anonymous diknyo said...

yang namanya rokok tuh ga mungkin akan hilang di bumi tercinta ini,so poster2 rokok yang mengakibatkan kematian si perokok nggak akan bikin jera. Mungkin kalo tema-nya diganti aja, bukan kematian tapi akibat rokok bagi sesama, mungkin bayi yang terkena imbas asap rokok ibu/bpknya, terus orang yang diem aja ga bisa ngapa2-in, disitu diperlihatkan untuk tidur aja susah dll...mungkin itu lebih asyik alias ga serem2 bgt.
Ok..bos budi kapan ki ngobrol2 maning...wkwkwkw padahal mbiyen ra tau ngobrol ya

1:32 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home