Wednesday, February 21, 2007

dasar... iblis !!!



ada satu penyakit yang umurnya udah berabad2 lamanya. Lebih lama dari penyakit AIDS, Cikungunya, Demam Berdarah, Flu Burung apalagi Panu. Karena penyakit ini neh, seumuran sama usia manusia... namanya penyakit sombong bin takabur.

Dikisahkan dalam Al Qur'an.... ketika manusia pertama yg dikasih nama Adam diciptakan, Allah swt. ngasih instruksi bahwa semua mahkluk harap bersujud kepada Adam. Lalu sesaat kemudian... semua pada sujud, termasuk malaikat. Kecuali Iblis (laknatullah). Lalu Allah swt-pun menegurnya, kenapa Iblis gak mau sujud ?? apa jawaban Iblis ?? Dengan sambil cengengesan... dia bilang "hehehe.... ana khoiru min hu !" yang artinya... gw lebih baek daripada dia (Adam) !. Masih dengan sikap yg cengangas-cengenges... dia lanjutin "kholaqtani min naar, wa kholaqtahu min thiin... huhhh !!" artinya... Engkau ciptakan aku dari api... sedangkan dia (Adam) Kau bikin dari tanah...

Inilah kesombongan yag pertama kali dilakuin oleh makhluk-Nya. Dasar Iblis !!! Dengan bangganya dia bilang bahwa api lebih baik daripada tanah. Padahal yg namanya api tuh gak bakalan idup tanpa adanya bahan bakar, entah itu minyak, gas, kayu... bahkan hutan sekalipun !!. Ironisnya kita suka lupa... bahwa tanah tuh jauh lebih kuat dari api. Sebatang lilin yang menyala, ketika ditimbun dengan segenggam tanah.... matilah dia. Tapi.... di Kasongan (Jogja) tempat industri keramik dan gerabah dibuat, di Gombong (Ja-Teng) tempat pabrik2 bikin genteng... segenggam tanah dipanasin beratus2 bahkan beribu derajat... bukannya ancur, bahkan makin kuat dan keras. Kita dah ditipu sama Iblis... dibikin shock duluan dengan tipudayanya !

Kelebihan Iblis inilah yg kadang menyusupi kekurangan kita. Dengan teknologinya yg demikian canggih dan halus... kadang2 kita gak nyadar, kalo sebenernya kita lagi dikerjain sama Iblis. Ketika manusia digoda dengan harta, jabatan, kenikmatan dunia... masih bisa lolos, maka mulailah Iblis menyerang dengan pujian dan sanjungan. Membikin kita betah berlama2 didepan cermin... muter kanan, muter kiri... senyam-senyum seolah kitalah yg paling cakep, paling pinter, paling bijaksana-bijaksini. Melangkah keluar rumah dg mbusungin dada... PKI (pake kacamata item), naik motor/mobil musti ngebut... (jagoan man !!). Seolah orang lain semua berada dibawah kita. Astaghfirullah.... Jika yg kaya' gini gak segera diobatin, bisa ngurangin bahkan ngilangin kekihlasan kita dalam beramal. Kita gak bisa hidup sendiri... kita butuh orang lain, bahkan untuk kerjaan yg paling ringan sekalipun, misalnya 'tersenyum'... kita perlu orang lain ! Kalo gak percaya... silahkan senyam-senyum sendiri di piggir jalan... Jangan salahkan, kalo orang2 pada ngacir !!!.

Penyakit sombong ini kalo didiemin, bukannya sembuh.... tapi makin parah. Kalo tadinya cuman bangga dengan dirinya sendiri dan nganggep orang laen remeh... maka next step adalah iri. Gak seneng liat orang lain sukses !. Panas, liat tetangga ganti mobil. Stress, liat temen sekantor dipromosiin posisinya. Nah kalo iri ini juga gak diobatin, stadium berikutnya adalah dengki. Bukan cuman gak suka orang lain sukses, tapi Iblis semakin mencengkeram dengan bisikan2nya... mulai mikir buat mencelakai atau nggagalin karier temennya. Pada akhirnya... otak dan hati makin membara... dihalalkan segal acara buat ngerebut kesuksesan orang lain tersebut. Na'udzubillah !!!

Hmhhh... sombong, penyakit berbahaya yg udah ada dari jaman Nabi Adam hingga sekarang, tapi kita sering merindukannya. Ketika hidup makin sulit, bahkan ada orang yang mengutuki nenek moyangnya... "gara2 Adam makan buah terlarang... hidup jadi susyah di dunia ini. Coba kalo dia gak makan buah larangan, manusia masih enak2 hidup di sorga...." Dasar manusia... diuji dengan kesyusahan, menggerutu !! diuji dengan kesuksesan.... jadi sombong !!... kapan bersykurnya ???

Labels:

3 Comments:

Blogger pyuriko said...

Menyangkut soal Adam memakan buah terlarang, boleh tidak tanya soal itu,...???

Apa sih sebenarnya (hakikatnya) buah kuldi itu?,...lalu knp kita yang ga ikut2an makan buah kuldi juga dikeluarkan dari surga?

Bukan sombong atau apa, krn saya blom nemu jawabannya....

7:39 PM  
Blogger NiLA Obsidian said...

kapan berysukurnya???

nah itulah pertanyaan yg bagus bener dah.....
setiap kita ngedumel....cepet2 deh inget pertanyaan di atas, semoga jd sadar....

10:36 PM  
Blogger cc-line said...

@iko: kayaknya sih emang Dia pengen nguji seberapa seh ketaatn manusia? Lha, kalo Adam AS yang seorang Nabi aja bisa tergoda tipudaya iblis... apalagi qta?

@nila: itulah makanya semestinya dalam setiap doa, kita sisipin permohonan biar jadi hamba-Nya yang pinter bersyukur... Amien.

7:58 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home