Tuesday, February 13, 2007

thief of time



apa yang paling jauh jaraknya dengan kita ? Jawabannya... waktu yang udah lewat, bahkan saking jauhnya... sampe2 kita gak bakalan bisa ketemu lagi sama dia ! Emang begitu pentingnya waktu buat kita ??? Yup's so pasti... karena waktu teruuusss aja jalan dan kita gak bisa menghentikannya. Jarum jam mungkin aja bisa kita berentiin... tapi waktu tetep aja melenggang. Orang sholih pernah bilang "siapapun yang udah ngelewatin sehari dari umurnya bukan buat ngelakuin suatu kebenaran, atau buat ngelaksanain suatu kewajiban, atau menggali kemuliaan, atau belajar suatu ilmu yg baik, maka dia udah mendurhakai harinya dan menganiaya dirinya" Nah, loh.... !!

Makanya... kenalin tuh pencuri waktu !!! dedengkotnya adalah malas, suka nunda2 kewajiban, kerjaan, tanggungjawab ! Ironisnya... kita dengan ikhlasnya nyerahin sesuatu yg sangat berharga (baca: waktu) kepada pencuri waktu tsb. Kecurian harta... hebohnya minta ampun, diusut dari RT, Polsek... sampe MenHanKam jika perlu. Padahal kehilangan harta benda masih bisa diusahain lagi. Tapi kalo waktu yang udah ilang... kemana musti lapor ??? Atau malah gak berniat ngelapor... karena emang udah ikhlas dijarah sama si'malas' ???

Umur ... dah dikasih berpuluh2 taun. Tapi apa yang udah kita kerjakan buat diri sendiri, orang laen, lingkungan, agama, atau bahkan sedikit waktu untuk Tuhan ?? Allah SWT udah ngasih waktu yang sama, 24 jam pada setiap orang. Tapi kenapa ada orang yg buru2 terus... seolah waktunya gak pernah cukup. Ada juga orang yg santeee banget... kaya'nya waktunya lebih dari 24 jam, tau2 bangkrut !!!. Dengan waktu yang sama... ada orang sukses mimpin berbagai perusahaan... tapi ada juga yang gagal mimpin keluarga, bahkan mimpin dirinya sendiri aja gak mampu.... !

Orang sholih bilang, hidup di dunia ini cuman bentaaaarrrr banget, kalo dibandingin dengan hidup di alam 'sono' yg kekal abadi. Padahal malaikat dalam nyabut nyawa manusia gak urut umur, apalagi urut alphabet. Ada yg bilang kematian itu kaya' buah kelapa... ada yang masih degan udah jatuh. Bahkan yang baru bunga udah rontok juga banyak... tapi ada juga kelapa yang udah kering gak jatuh2, kejepit pelepah diambil susyah. Orang tua meninggal, biasa. Anak muda mati, banyak... anak2 tewas juga gitu. Bahkan yang masih dalem kandungan digugurkan, juga ngetrend ! Na'udzubillah. Semua pengen masuk sorga, tapi takut mati... padahal gak ada sorga tanpa diawali dengan kematian. Gak ada gunanya umur panjang, kalo dipake buat maksiat mulu... dan gak ada jeleknya umur pendek, kalo emang Allah menghendaki biar manusia gak kebanyakan dosa.

Begitu pentingnya waktu bagi kita yg masih hidup, yang masih dikasih kesempatan buat manfaatin sebaik2nya. Jangan bikin singkat umur di dunia yang udah singkat dengan banyak bermaksiat. Ngapain juga waktu kita cuman buat stresss mulu... belon sempet bahagia, tau2 dah disamperin sama malaikat pencabut nyawa... Udah di dunia rugi... di akhirat apalagi !! Makanya gak heran bahkan Allah SWT sendiri bersumpah atas nama waktu : "Demi waktu. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang2 yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasehati supaya mentaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran" (Al-'Ashr: 1-3)

Labels:

8 Comments:

Blogger kamutemanku said...

waktu... masa... 'makhluk' yang begitu 'baik hati' sekaligus 'mengerikan' tergantung individu yg mo' nge-"bentuk"-nya... Ada yg bilang :
"Hari lalu milik sejarah..hari ini milik kita & hari esok milik Tuhan"

Wheewwhhh... !!

2:05 PM  
Blogger :: N :: said...

Terkadang 'N itu merasa lebih sering kalah jika bernegoisasi dengan waktu *mungkin malesnya kebangetan. huaaaa bener2 merugi.

11:58 AM  
Blogger NiLA Obsidian said...

hmmmm......kyknya nyambung deh mas budi sama postingan ku yg baru....
masalahnya suka nunda2 deadline....

7:59 PM  
Anonymous arham_kendari said...

ironisnya, waktu sebagian besar dari kita justru habis untuk "fasatbiqul fulus"
senggang dan celah dari itu barulah digunakan untuk mencari ilmu yang bermanfaat...
seolah-olah fulus fardhu ain,
dan ilmu fadhu kifayah..

2:33 AM  
Blogger angin-berbisik said...

deuu komennya arham, serius banget :)
andai waktuku bisa berputar kembali....:)

7:40 AM  
Blogger pyuriko said...

There's One Thing You Can't.... Recycle and that's... Wasted Time

9:08 AM  
Blogger iniBudi said...

tadi malam baru nonton (lagi!) Back to the Futute... seru yah... kalo bisa jalan-jalan antar waktu.. hehehehe...

2:35 PM  
Anonymous Iqbaloemar said...

Sy dapat kenalan kebetulan bule di jogja, sy heran biasa bule selalu disiplin dengan waktu tapi bule yg satu ini malah bilang: "i hate time", sy jawab: "Why?" trus dia jawab lagi : "karena sy tidak enjoy klo tergantung dengan waktu". Mungkin menurutnya biarkan waktu bergulir dengan sendiri, tergantung kita yang mengisi waktu tsb. dengan kebaikan atau dgn keburukan, bermanfaat atau tidak. So istilah mengatur (memenet) waktu bener nggak sih mas?

baloemar

10:23 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home