Wednesday, May 23, 2007

i'm an artist !



seni bukan buat dimengerti, tapi buat dirasain ! hhmmmh.... statemen yang sangat ekstrim dari temen kuliah di jurusan fine art. Dengan kata laen seni lebih banyakan berhubungan dengan hati dibanding dengan otak. Karena seni banyakan bicara dalam bahasa hati (baca: rasa) sehingga idealnya bersifat universal, setiap manusia khan dikasih 'rasa'. Everybody is an artist, artinya ketika kita masuk mall atau butik, milih sepatu, t-shirt, kerudung, syal, atau sekedar nyari iket rambut, kaos kaki, bahkan dengerin musik ! pasti ada deh pertimbangan2 estetis. Kenapa koq milih warna pink, atau yang belang2, koq gak yang warna abu2. Nah, sampe sini berati tiap orang tuh sebenernya seniman ! Gimana nggak ?? orang seniman juga kerja dengan elemen2 tadi. Makanya, gak usah deh pusing2 mikirin lukisan abstrak, atau gambar orang koq kulitnya ijo... patung torso koq gak pake kepala ?? tapi apa yang kita rasain ketika denger atau ngeliat karya seni tadi !

Tapi kenapa waktu SD dulu... indra perasa koq lidah ya ??? padahal rasa itu khan gak cuman asin, manis, pedes, asem, dll. Bukannya sedih, gembira, seneng, bahkan cinta juga rasa ?? tapi koq gak bisa dicicip pake lidah ya ??? Bahasa hati emang kadang beda, sama bahasa otak, bahasa hati lebih peka karena yang disentuh adalah sisi yang sensitif yaitu rasa. Jadi inget ucapan Ustadz di pengajian tentang hadits yang udah populer... "Ketahuilah, bahwa di dalam jasad manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasadnya dan jika ia rusak maka rusak pula seluruh jasadnya. Ketahuliah bahwa segumpal daging itu adalah hati." Nah loh !! emang seh masih ada yg mendebatnya, apa iya segumpal daging yg dimaksud dalam hadits tadi itu hati... khan bahasa Arabnya 'qolbun'. Apapun itu... pertanyaannya, trus apa hubungannya seniman sama hadits tadi ???

Ada juga yang bilang, seniman itu orang yang dikasih kepekaan yg 'lebih' dibanding orang laen. Sesuatu yg bagi orang laen mungkin biasa aja, bagi seniman bisa jadi sesuatu yg luar biasa. Cuman balik lagi sama hadits tadi, kalo emang bener yang dimaksud adalah hati, maka seorang seniman mustinya lebih berhati2 dalam bikin karyanya. Artis (baca: seniman) itu khan bukan cuman pemain sinetron perselingkuhan, atau pemusik yg udah nelorin album bejibun. Pelukis, pematung, teaterawan, kriyawan, pengrawit, perancang mode... atau bahkan kita2 semua ini juga sebenernya seniman atau artis. Karena kita punya hati dan perasaan.

Masalahnya, gimana caranya biar hati ini 'baik' biar baik pula seluruh tubuh kita. Syukur2 bisa bikin baik tetangga sebelah, se-RT bahkan se-Indonesia. Karena kemuliaan seseorang tuh diliat dari seberapa besar kemanfaatannya bagi orang laen. Walaupun kita pinter, kaya, cakep... tapi kalo belon bisa ngasih manfaat bagi orang laen, bisa jadi kita bukan termasuk orang2 yg dimuliakan-Nya atau bahkan gak ada apa2nya.

Ternyata buat ber-baik hati, atau berdamai dengan diri sendiri susyahnya minta ampyuunn !!. Nah, karena setiap kita adalah artis/seniman, dan setiap kita juga punya hati/rasa... maka wajib hukumnya buat hati-hati, terhadap hati.

Image: "YZ & ME" my oil pianting on canvas 40X60 Cm.

Labels:

7 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Waahhh, seperti pembahasan kita kemarin yaaa....

Aku juga termasuk seniman donk, aiicchhh....

Btw, memang susah yaa jadi seniman itu, banyak godaannya,... tapi setiap kerjaan atau profesi ada godaan2 tertentu, tergantung kita aja... kuat apa gak ^_^

10:39 AM  
Blogger NdaH said...

lha kan emang dirimu artis to
jadi kapan pameran??

10:57 AM  
Anonymous aku susah tak apa, asal kau bahagia said...

Yang jelas, saya tau Mas CC, adalah seniman yang pemurah dan baik hati. :)

11:49 AM  
Blogger angin-berbisik said...

kok tau itu tangannya YZ dan ME???
kayaknya itu malah tangannya BY dan MM.. :P
heheheh

8:22 AM  
Blogger Azhar said...

hati saya tak punya hati mungkin sedang mati suri...

8:28 AM  
Blogger CempLuk said...

setiap diri kita memnang artis thd diri kita sendiri..jadi kita harus bertanggung jawab atas apa yg kita perbuat...tul gak y ??hehehe

1:00 PM  
Blogger pyuriko said...

maka wajib hukumnya buat hati-hati, terhadap hati.

Nah kan udh Iko bilang, jangan pake perasaan... nanti hati mulai bermain deh....


Jadi pindahan yaaa???
Kapan???

5:57 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home